Hubungan Ketergantungan Antara Makhluk Hidup – Simbiosis

Posted on

Tuhan Yang Maha Kuasa menciptakan begitu banyak makhluk hidup di dunia ini dengan fungsi dan manfaatnya masing-masing. Tidak ada satupun ciptaan Tuhan yang tidak berguna sekalipun itu benda mati. Coba sejenak kamu lihat lingkungan disekitarmu, apa saja yang dapat kamu temui? Begitu banyak makhluk hidup dan benda mati yang ada disekitarmu. Apakah mereka memliki manfaat bagi makhluk lain? Tentu saja ada hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup satu dengan yang lainnya. Makhluk hidup juga mempunyai hubungan ketergantungan dengan lingkunyannya.

A.  Hubungan Antarmakhluk Hidup

Setiap makhluk hidup di dunia ini tidak dapat hidup sendiri, mereka bergantung pada makhluk hidup lainya dan juga lingkungannya.  Contohnya kita sebagai  manusia membutuhkan tumbuhan dan hewan sebagai sumber makanan kita, hewan juga membutuhkan hewan lain dan tumbuhan untuk sumber makanan dan tumbuhan juga membutuhkan hewan.

simbiosis mutualisme

1.  Simbiosis

Simbiosis adalah hubungan ketergantungan antara dua makhluk hidup atau lebih yang hidup bersama yang membentuk hubungan yang khas.

Simbiosis dapat dibagi menjadi tiga bentuk hubungan yang khas yaitu:

  • Simbiosis Mutualisme
  • Simbiosis Parasitisme
  • Simbiosis komensalisme

a.  Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah hubungan khas antara dua makhlu hidup atau lebih yang saling menguntungkan. Contoh simbiosis mutualisme adalah antara lebah dengan bunga, kupu-kupu dengan bunga dan kerbau dengan burung jalak pemakan kutu.

b.  Simbiosis Parasitisme

Simbiosis parasitisme adalah hubungan khas antarmakhluk hidup yang menrugikan satu pihak dan menguntungkan pihak lainya. Contoh simbiosis parasitisme yaitu tumbuhan tali putri dengan tumbuhan inang yang di tumpanginya, pohon benalu dan tumbuhan inang yang ditumpanginya.

c.  Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme adalah hubungan yang khas antarmakhluk hidup yang menguntungkan satu pihak tetapi tidak merugikan pihak lainnya dan tidak memperoleh keuntungan apapun dari hubungan tersebut. Contoh simbiosis komensalisme adalah hubungan antara tanaman hias tanduk rusa dengan pohon inanya begitu juga dengan hubungan antara bunga anggrek dengan pohon inangnya. Tumbuhan tanduk rusa tidak mengambil makanan dari pohon inang, begitu juga dengan pohan inang tidak dirugikan dan tidak diuntungkan.

 

2.  Rantai Makanan

Rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan antar makhluk hidup dengan urutan tertentu. Contoh rantai makanan yaitu rumput dimakan kambing dan kambing dimakan singa. Di dalam rantai makanan ada tingkatan yang disebut produsen, konsumen dan pengurai. Tumbuhan disebut sebagai produsen karena hanya tumbuhan yang dapat membuat atau pemproduksi makanan sendiri. Hewan herbivora atau pemakan tumbuhan disebut konsumen tingkat I, sedangkan hewan yang memakan konsumen tingkat I disebut konsumen tingkat II begitu seterusnya. Di dalam rantai makanan makhluk hidup yang mati diuraikan atau di busukan oleh pengurai (seperti jamur, bakteri dan cacing). Proses pembusukan atau penguraian ini menghasilkan unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Beberapa rantai makanan dapat saling berhubungan membentuk jaring-jaring makanan.

 

B.  Hubungan Antara Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Abiotik

Setiap makhluk hidup membutuhkan lingkungan abiotik (lingkungan tak hidup), makhluk hidup memiliki hubungan ketergantungan terhadap alam ini. Komponen lingkungan abiotik yaitu air, udara dan tanah.  Komponen lingkungan abiotik juga dipengaruhi oleh keberadaan makhluk hidup didalamnya kandungan oksigen dan karbondioksida dalam udara dipengaruhi oleh aktivitas tumbuhan dan manusia/hewan disekitarnya, atau kandungan unsur hara dalam tanah dipengaruhi oleh kerja organisme pengurai. Tetapi ada juga komponen abiotik yang tidak dipengaruhi oleh keberadaan makhluk hidup yaitu pancaran matahari dan tekanan udara.

Ekosistem adalah interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya dan lingkungan abiotik.  Ekosistem harus tetap terjaga kelestariannya agar makhluk hidup yang ada dalam ekosistem tersebut dapat hidup secara baik dan seimbang. Manusia sebagai makhluk hidup dan makhluk sosial harus bijaksana dalam memanfaatkan sumberdaya alam, sehingga keseimbangan ekosistem alam ini terjaga.

Tuhan menciptakan alam yang indah ini untuk semua makhluk hidup agar hidup mereka nyaman. Di alam smua makhluk hidup memiliki hubungan ketergantungan antar makhluk hidup serta ketergantungn antara makhluk hidup dengan lingkungan abiotik. Ekosistem akan terganggu jika ada salah satu komponen didalamnya terganggu atau rusak seperti pembakaran hutan, pemburuan hewan langka dan penebangan liar.

One thought on “Hubungan Ketergantungan Antara Makhluk Hidup – Simbiosis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *