Jenis-Jenis VGA Card

Posted on

Bicara mengenai VGA Card tentunya banyak hal yang harus diketahui, terlebih lagi salah satu komponen keras pada perangkat komputer ini bisa dikatakan “penting dan tak penting” tergantung aktivitas yang dilakukan oleh user atau para pengguna dalam menggunakan komputer.

Bisa jadi VGA Card begitu penting bagi anda yang berkutat pada desain grafis, atau para gamers yang tentunya membutuhkan layar mumpuni maupun grafis tinggi untuk dapat menjalankan game berjenis 3D HD tersebut secara maksimal.

Kehadiran VGA Card dianggap kurang begitu perlu ketika si pengguna komputer hanya melakukan aktivitas pekerjaan berupa office. Namun tentunya perlu tak perlunya penilaian tersebut sangat relative tergantung bagaimana si pengguna membutuhkannya.

Perkembangan bagian komputer ini (VGA Card) memang tergolong teknologi baru seiring mulai maraknya permainan/game yang berbasis grafik tinggi seperti game 3D. Bahkan terkadang tanpa disadari perangkat VGA Card kita telah tertanam bersama mainboard kita namun ada juga yang tidak ada.

Nah bicara mengenai hal tersebut tentu tak terlepas dari dua macam VGA Card yang perlu anda ketahui serta beragam jenis-jenisnya yang turut memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan.

Jenis-Jenis VGA Card

Seperti yang telah diulas pada artikel “Pengertian VGA” mengenai kartu bawaan dan tambahan sendiri. Ya VGA Card sejatinya memang memiliki dua bentuk yakni:

Jenis-Jenis VGA Card

VGA On Board

Bagi anda yang tak pernah merasa memang VGA namun ternyata terdeteksi kartu grafis pada perangkat komputer anda berarti bentuk kartu grafis tersebut merupakan bagian dari VGA On Board yang berarti kartu bawaan dari motherboard anda.

Hal tersebut biasanya sering ditemui saat membeli perangkat komputer paket ataupun laptop yang secara otomatis turut dibekali VGA On Board.

VGA Card Add-On

Sesuai namanya “Add-On” berarti penambahan pada tempat yang telah disediakan, ya bentuk kartu grafis ini memang kita sendiri yang harus menambahkannya pada slot mainboard perangkat komputer anda.

VGA Add On diperlukan saat VGA On Board kurang maksimal dalam melakukan beragam aktivitas maupun pekerjaan yang memerlukan pemrosesan dengan grafis yang begitu tinggi, dan disinilah fungsi peran dari kartu add-on untuk lebih memaksimalkan visual di layar monitor anda.

Berdasarkan dua bentuk VGA Card diatas perkembangan kartu grafis ini begitu cepat dan melahirkan begitu banyak jenis dengan kemampuan dan kelebihan masing-masing seperti berikut ini:

  • VGA Card ISA yang merupakan jenis pertama karena masih menggunakan sistem I/O 8-bit atau 16-bit dengan cara memasukan pada slot yang telah tersedia di ekspansi Industry Standar Architecture atau yang biasa dikenal dengan singkatan ISA.
  • VGA Card EISA perkembangan jenis kartu grafis selanjutnya meningkat dengan memiliki kemampuan berjalan pada sistem komputasi 32-bit I/O dengan pemasangan diarea EISA yang telah terdapat slot ekspansi.
  • VGA Card PCI merupakan jenis kartu grafis yang umum digunakan pada perangkat komputer karena memiliki kemampuan berkolaborasi dengan sistem komputasi baik 32-bit maupun 64 bit sistem I/O yang turut tertanam pada bagian slot Perpheral Component Interconnect atau yan biasa disebut PCI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *