Pengertian Peta dan Cara membaca Peta

Posted on

Peta sangat diperlukan ketika kita ingin tahu suatu tempat tanpa harus pergi kesana, tapi sebelumnya, apakah kamu sudah tahu apa itu peta, yuk kita bahas apa pengertian peta dan cara membacanya.

A.  Pengertian Peta

Peta adalah gambar sebagian atau keseluruhan permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu. Peta biasa dibuat dalam selembar kertas atau buku. Atlas adalah peta yang disusun dalam bentuk buku.Kondisi geografis Indonesia memiliki berbagai bentuk kenampakan alam.

pengertian peta

Untuk mengetahui kenampakan alam secara umum di suatu daerah dan jarak antar wilayah kita tidak perlu datang kedaerah tersebut, kita cukup melihat peta daerah tersebut.

  1.  Sejarah Peta

Kebutuhan peta pada mulanya dirasakan oleh manusia jaman dulu ketika mereka bertanya tentang arah tempat atau  menunjukan suatu daerah. Seseorang yang ingin menunjukan atau menginformasikan arah jalan menuju suatu tempat biasanya menggambarnya di tanah dengan sebatang kayu, itulah awal mula yang menjadi cikal bakal pembuatan peta.

Adanya perkembangan pengetahuan manusia maka dibuatlah peta pertama kali oleh bangsa Babilionia pada tahun 2.300 SM. Peta tertua tersebut berupa papan tulis batu yang berukuran sangat kecil terbuat dari tanah liat,ada juga peta yang dibuat dari anyaman rotan yang dibuat oleh penduduk pulau Marshall di kawasan Oseania.

Peta bumi pertama kali dibuat oleh Ilmuan Yunani bernama Anaximander pada abad keenam sebelum masehi. Pada tahun 150 masehi Claudius Ptolemeus membuat gambar bumi yang lebih jelas.

2.  Kelengkapan Peta

Peta yang lengkap harus mempunyai beberapa komponen peta. Suatu peta dikatakan lengkap  jika memiliki minimal delapan komponen peta.  Komponen peta yaitu legenda, simbul, skala, mata angin, garis astronomi, garis tepi, tahun pembuat, dan inset. Berikut adalah keterangan beberapa komponen peta yaitu:

  • Judul adalah kalimat yang menunjukan identitas atau nama yang menjelaskan isi dari peta tersebut. contohnya: peta pulau kalimantan berarti menjelaskan permukaan bumi di wilayah kalimantan.
  • Legenda dan simbul adalah keterangan yang menjelaskan sesuatu yang ada di dalam peta. Peta juga ada simbul-simbol di dalamnya, seperti  gunung, danau, kota, jalan atau batas kota. Simbul akan bermakna jika ada legenda yang menjelaskannya.
  • Skala adalah perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya. contohnya pada peta tertulis skala 1:10.000 hal ini menunjukan bahwa jarak 1cm pada peta sama dengan jarak 10.000cm jarak jarak sebenarnya.
  • Arah mata angin adalah gambaran yang menunjukan arah mata angin pada peta. Pada peta arah mata angin yang ditunjukan hanya arah utara (U).
  • Garis astronomis adalah garis khayal di atas permukaan yang berada diatas permukaan bumi  yang terdiri dari garis bujur dan garis lintang.
  • Garis tepi adalah garis tepi yang dibuat sekeliling gambar peta, fungsinya sebagai batas peta.
  • Tahun pembuatan adalah menunjukan waktu pembuatan peta tersebut.
  • Inset adalah  situasi yang menunjukan letak peta yang digambar dengan wilayah disekelilingnya yang lebih luas.

B. Cara membaca Peta

Saat kita membaca peta, kita harus memilki pengetahuan tentang komponen-komponen yang dalam peta dan juga memahami arti simbol-simbol yang ada dalam peta.  Setelah informasi pada peta dapat kita terima dengan baik barulah kita bisa membaca peta daerah tersebut dengan baik. Dengan hanya membaca peta saja kita sudah dapat membayangkan kondisi daerah tersebut tanpa harus datang ke daerah tersebut.

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui dalam membaca peta yaitu:

  1. Isi peta dan tempat yang digambarkan melalui judul peta. Contohnya Peta Pulau Sumatra, judul ini menunjukan gambaran tempat yang disebut pulau sumatra.
  2. Letak lokasi daerah  ditunjukan melalui dua buah garis yaitu garis lintang dan garis bujur yang disebut Garis Astronomi.
  3. Arah ditunjukan melalui arah mata angin,biasanya arah mata angin dalam peta hanya menunjukan arah utara saja.
  4. Luas atau jarak suatu tempat ditunjukan melalui skala. Untuk mengetahui jarak sebenarnya suatu daerah atau tempat dapat di hitung melalui skala dalam peta tersebut. Untuk lebih jelasnya bisa dipelajari cara menghitung  jarak dengan skala peta.
  5. Sumberdaya alam atau kenampakan alam dapat dilihat melalui legenda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *